Definisi Belajar Menurut Para Ahli

Definisi Belajar Menurut Para Ahli



Belajar merupakan proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungan (Slameto. 2003: 2)
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan individu dengan lingkungannya melalui pengalaman atau latihan untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru (Aunurrahman, 2010: 35)
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Belajar adalah suatu kegiatan interaksi antar individu dengan lingkungannya yang bertujuan untuk mengadakan perubahan dalam diri seseorang mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sebagainya yang bersifat konstan (Makmun Khairani, 2014: 5)
Makmun Khairani. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap dan terjadi sebagai hasil latihan atau pengalaman. Morgan, dkk (dalam Baharudin, 2007 : 14) 
Baharudin, Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz media

Belajar tidak hanya mempelajari mata pelajaran, tetapi juga penyusunan, kebiasaan, persepsi, kesenangan atau minat, penyesuaian sosial, bermacam-macam keterampilan lain, dan cita-cita (Hamalik, dalam Hamdani 2011:20).
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Howard L. Kingskey (Djamarah 2008: 13) menyatakan bahwa belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan

Gagne (Djamarah 2008: 22) belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hilgard dan Brower (Hamalik 2009: 45) mendefinisikan belajar sebagai perubahan dalam perbuatan melalui aktivitas, praktek, dan pengalaman.
Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Selain itu menurut Travers, belajar adalah proses menghasilkan penyesuaian tingkah laku (Suprijono 2009: 2)

Morgan (Suprijono 2009: 3) mengungkapkan pengertian belajar merupakan perubahan perilaku yang bersifat permanen sebagai hasil dari pengalaman.

Sementara itu Harold Spears (Suprijono 2009: 2) mendefinisikan bahwa belajar adalah mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu, mendengar dan mengikuti arah tertentu
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




Skripsi
Tesis
Jurnal
Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian dan Pengembangan
Penelitian Kuantitatif
Sarjana Pendidikan

0 Response to "Definisi Belajar Menurut Para Ahli"

Post a Comment