10+ Definisi Pembelajaran Kooperatif menurut para ahli

10+ Definisi Pembelajaran Kooperatif menurut para ahli



Pembelajaran kooperatif ialah metode kelas praktis yang dapat digunakan guru dalam setiap pertemuan untuk membantu siswa belajar dalam kelompok-kelompok (Nur, 2005 : 1)
Nur, Mohamad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA.

Riyanto (2010 : 267) mengatakan hakikat pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran yang dirancang untuk melatih kecakapan akademis (academic skills), keterampilan sosial (social skill) dan interpersonal skill.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta : Kencana

Suprijono (2009 : 54) pembelajaran kooperatip adalah jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk kegiatan yang dibimbing dan diarahkan oleh guru. Pembelajaran kooperatif mengutamakan kerja sama dalam meyelesaikan permasalahan untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yoogyakarta: Pustaka Pelajar

Dalam proses pembelajaran siswa didorong untuk bekerja sama pada suatu tugas bersama dan harus mengoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru (Abidin, 2014 : 241-242).
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.

Pembelajaran kooperatif atau pembelajaran gotong royong adalah sistem pengajaran yang memberi kesempatan siswa untuk bekerja sama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang terstruktur (Lie 2010: 12).
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Garsindo.

Menurut Slavin (2010: 8) dalam pembelajaran kooperatif para siswa akan duduk bersama dalam kelompok yang beranggotakan empat orang untuk menguasai materi yang disampaikan oleh guru
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai hasil belajar berupa prestasi akademik, toleransi, menerima keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial (Agus Suprijono, 2010:61).
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kauchak dan Eggen (1993:319) mendefinisikan bahwa belajar kooperatif adalah sebagai kumpuilan strategi mengajar yang digunakan siswa untuk membantu satu dengan yang lain dalam mempelajari sesuatu
Eggen Paul & Kauchak Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks

Hamdani (2011: 30) berpendapat bahwa pembelajaran kooperatif adalah rangkaian kegiatan belajar siswa dalam kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan.

Hamdani, M. A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

0 Response to "10+ Definisi Pembelajaran Kooperatif menurut para ahli"

Post a Comment