Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pembelajaran Menurut Para Ahli



Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 1 ayat 20

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar (Rudi dan Cepi, 2008: 1).
Rudi, S., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Degeng (1993) dalam Hamzah, Nina dan Satria (2010: 4) menjelaskan bahwa pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa.
Hamzah, B.U., Nina, L., & Satria, K. (2010). Desain Pembelajaran. Bandung: MQS Publishing.

Anitah (2011: 2.30) menyatakan pembelajaran merupakan suatu upaya untuk mencapai tujuan atau kompetensi yang harus di kuasai siswa.
Anitah, Sri dkk. 2011. Strategi pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Pembelajaran merupakan upaya guru untuk menciptakan iklim dan pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, bakat, dan kebutuhan siswa yang amat beragam agar terjadi interaksi optimal antara guru dan siswa serta antarsiswa (Hamdani, 2011:72).
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Sugandi (2006: 9) menyebutkan bahwa pembelajaran merupakan suatu kumpulan proses yang bersifat individual, yang mengubah stimuli dari lingkungan seseorang ke dalam sejumlah informasi, yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang
Sugandi, Achmad. 2006. Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Pembelajaran merupakan perencanaan sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. Di dalam pembelajaran siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru tetapi berinteraksi dengan keseluruhan sumber belajar yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran (Uno, 2006: 2).
Uno, Hamzah. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara pendidik dengan peserta didik, atau antar peserta didik, Rifa’I dan Anni (2010:193).
Anni, Catharina Tri dan Rifa’i, Achmad. 2010. Psikologi Pendidikan. Batang : Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas negeri Semarang.

Unno (2008:135) mengatakan bahwa pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa

Uno, Hamzah. B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

0 Response to "Pembelajaran Menurut Para Ahli"

Post a Comment