--> .

Persepsi menurut Ahli

Persepsi menurut Ahli




Dalam ilmu psikologi ada suatu istilah pemrosesan informasi yang diterima dari pengamatan yaitu sering kita dengar dengan istilah persepsi. (abdul. 2014. 87)
Abdul Rahman Shaleh. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media

Istilah persepsi berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Perception” yang berarti pengamatan, tanggapan, daya memahami atau menanggapi sesuatu (jhon dan hasan. 2003. 424)
Jhon M. Echols dan Hassan Shadily. 2003. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: PT Gramedia

Menurut Jalaluddin Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan
Jalaluddin Rakhmat. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offest

Persepsi adalah suatu rangsangan yang disadari atau dikenal oleh diri manusia dalam mengenali milleu (lingkungan) hidupnya (alisuf. 1993. 42)
Alisuf Sabri. 1993. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya

Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh proses penginderaan, yaitu merupakan proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indera atau juga disebut proses sensoris. Namun, proses itu tidak berhenti begitu saja, melainkan stimulus tersebut dan proses selanjutnya merupakan proses persepsi. Karena itu proses persepsi tidak dapat lepas dari proses penginderaan, dan proses penginderaan merupakan proses pendahulu dari proses persepsi. (Bimo. 1981.99)
Bimo walgito. 1981. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Dalam persepsi stimulus dapat datang dari luar, tetapi juga dapat datang dalam diri individu sendiri. Namun demikian sebagian besar stimulus datang dari luar individu yang bersangkutan. Sekalipun persepsi dapat melalui macam-macam alat indera yang ada pada diri individu, tetapi sebagian besar persepsi melalui alat indera penglihatan. (Bimo. 1981.100)
Bimo walgito. 1981. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Menurut Sarlito (2000. 39) Objek-objek di sekitar kita, kita tangkap melalui alat-alat indera dan diproyeksikan pada bagian tertentu di otak sehingga kita dapat mengamati objek tersebut. Ia dapat memfokuskan perhatiannya pada satu objek, sedangkan objek-objek yang lain disekitarnya dapat dianggap sebagai latar  belakang. Kemampuan untuk membedakan-membedakan,mengelompokkan, memfokuskan, dan sebagainya itu, disebut sebagai kemampuan untuk mengorganisasikan pengamatan atau persepsi

Sarlito Wirawan Sarwono. 2000. Pengantar Ilmu Psikologi. Jakarta: PT Bulan Bintang

0 Response to "Persepsi menurut Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel