5+ Pengertian Sikap Menurut Para Ahli

sikap dapat didefinisikan sebagai suatu predisposisi atau kecenderungan untuk melakukan suatu respon dengan cara-cara tertentu terhadap dunia sekitarnya, baik berupa individu-individu maupun obyek-obyek tertentu (Wayan Nurkancana dan Sumartana, 1997: 275).

Sumartana & Wayan Nurkancana, 1986. Evaluasi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional. 

sikap adalah gejala internal yang berdimensi efektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespon (response tendensy) dengan cara yang relatif tetap terhadap obyek orang, barang dan sebagainya, baik secara positif maupun negatif (Muhibbin Syah, 1997: 135).

Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosda Karya. 


sikap atau yang dalam bahasa Inggris disebut attitude adalah suatu cara tertentu terhadap suatu perangsang atau (stimulus). Suatu kecenderungan untuk bereaksi dengan cara tertentu terhadap suatu perangsang atau situasi yang dihadapi, baik mengenai orang, benda-benda atau situasi-situasi yang mengenai dirinya (Ngalim Purwanto, 1997: 141).

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan, Bandung, Remaja Rosda Karya 

sikap atau attitude merupakan sikap pandang atau sikap perasaan, tetapi sikap mana disertai oleh kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap terhadap obyek tadi itu (Gerungan Dipl, 1991: 149).

Gerungan Dipl, 1991. Psikologi Sosial, Bandung, Eresco

sikap adalah kesiapan pada seseorang untuk bertindak secara tertentu terhadap hal-hal tertentu (Sarlito Wirawan Sarwono, 1976: 94).

Sarwono, Sarlito Wirawan, 1976. Pengantar Umum Psikologi, Jakarta, Bulan Bintang

Sedangkan dalam arti yang sempit sikap adalah pandangan atau kecenderungan mental.  Pengetian tentang sikap yang dikemukakan para ahli diatas memiliki beberapa kesamaan antara lain adanya reaksi dan obyek dari sikap. Jadi Dari berbagai pengertian tentang sikap di atas dapat disimpulkan bahwa sikap adalah suatu tindakan atau tingkah laku sebagai reaksi atau respon terhadap suatu rangsangan atau stimulus, yang disertai suatu pendirian atau perasaan. 

sikap merupakan penentu dalam tingkah laku manusia. Sebagai reaksi dari sikap, maka sikap selalu berhubungan dengan dua alternatif, yaitu senang atau tidak senang, menerima atau menolak, mendekati atau menjauhi dan sebagainya. Maka dari tiap-tiap orang mempunyai sikap yang berbeda-beda terhadap suatu perangsang yang sama. 

0 Response to "5+ Pengertian Sikap Menurut Para Ahli"

Post a Comment