Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Menurut Slameto (2010:54) menerangkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah: 
a. Faktor intern meliputi : 
  1. Faktor jasmaniah terdiri dari faktor kesehatan dan faktor cacat tubuh. 
  2. Faktor psikologis terdiri dari inteligensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kesiapan. 
  3. Faktor kelelahan baik kelelahan secara jasmani maupun kelelahan secara rohani. 

b. Faktor ekstern meliputi: 
  1. Faktor keluarga terdiri dari cara orang tua mendidik, relasi antaranggota keluarga, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga, pengertian orang tua, dan latar belakang kebudayaan. 
  2. Faktor sekolah terdiri dari metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat pelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran di atas ukuran, keadaan gedung, metode belajar, dan tugas rumah. 
  3. Faktor masyarakat terdiri dari kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat. 

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhiya. Jakarta: Rineka Cipta


Menurut Rifa’i (2009:97) menyatakan bahwa faktor-faktor yang memberikan kontribusi terhadap proses dan hasil belajar adalah kondisi internal dan eksternal peserta didik. Kondisi internal mencakup kondisi fisik, seperti kesehatan organ tubuh; kondisi psikis seperti kemampuan intelektual, emosional; dan kondisi sosial, seperti kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan. Sama kompleksnya pada kondisi internal adalah kondisi eksternal yang ada di lingkungan peserta didik. Beberapa faktor eksternal seperti variasi dan tingkat kesulitan materi belajar (stimulus) yang dipelajari (direspon), tempat belajar, iklim, suasana lingkungan, dan budaya belajar masyarakat akan mempengaruhi kesiapan, proses, dan hasil belajar.

Rifai, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES PRESS

Anni (2004:13) menyatakan bahwa seperangkat faktor yang memberikan kontribusi belajar adalah kondisi internal dan eksternal pembelajaran. 
Kondisi internal mencakup kondisi fisik, seperti kesehatan organ tubuh, kondisi psikis seperti kemampuan intelektual, emosional dan kondisi sosial, seperti kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan. Kesempurnaan dalam kondisi internal yang dimiliki oleh pembelajar akan berpengeruh terhadap kesiapan, proses dan hasil belajar. 
Sama kompleknya pada kondisi internal, kondisi eksternal juga sangat berpengaruh dalam hasil belajar siswa, diantaranya adalah variasi dan derajat kesulitan materi yang dipelajari, tempat belajar, iklim, suasana lingkungan dan daya belajar masyarakat akan mempengaruhi kesiapan, proses dan hasil belajar
Anni, Catarina. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES.


setelah mempelajari tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar di blog rangkumanpustaka.blogspot.com, selanjutnya anda dapat mempelajari definisi hasil belajar menurut para ahli

0 Response to "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar"

Post a Comment