10+ Pengertian Metode Menurut Para Ahli

PENGERTIAN METODE MENURUT PARA AHLI



Metode adalah cara kerja. (Soerjono. 1995. 48)
Soerjono Soekanto, 1995. Sosiologi Suatu Pengantar . Jakarta: Raja Grafindo Persada

Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran (Ngalimun, 2014: 14).
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan (Depdiknas. 2003. 740)
Departemen Pendidikan Nasional, 2003.  Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Menurut Mahmud Yunus “metode adalah jalan yang hendak ditempuh oleh seseorang supaya sampai kepada tujuan tertentu, baik dalam lingkungan perusahaan atau perniagaan, maupun dalam kupasan ilmu pengetahuan dan lainnya.” Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
metode mengandung arti adanya urutan kerja yang terencana dan sistematis guna mencapai tujuan yang direncanakan. (Armai. 2002. 87)
Armai Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers

Berdasarkan Ahmad Tafsir “metode adalah cara yang paling tepat dan cepat dalam melakukan sesuatu.” Kata tepat dan cepat inilah yang sering diungkapkan dengan efektif dan efisien. Pengajaran yang efektif artinya pengajaran yang dapat dipahami murid secara sempurna. Dalam ilmu pendidikan sering juga dikatakan bahwa pengajaran yang berfungsi pada murid. Berfungsi artinya menjadi milik murid, pengajaran itu membentuk dan mempengaruhi pribadinya. Adapun pengajaran yang tepat adalah pengajaran yang tidak memerlukan waktu yang lama. Jadi metode hanyalah menentuka prosedur yang akan diikuti (Ahmad. 2007. 50)
Ahmad Tafsir, 2007. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Metode merupakan cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran (Hamdani 2011: 80)
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Menurut T. Raka Joni dalam Abimanyu dkk (2008: 2.5), mengartikan metode sebagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu.
Abimanyu, Soli, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

0 Response to "10+ Pengertian Metode Menurut Para Ahli"

Post a Comment