Peran Guru Dalam Pembelajaran Yang Inovatif


Sehubungan dengan fungsinya sebagai pengajar, pendidik dan pembimbing maka diperlukan berbagai peranan pada diri guru. Peranan guru ini akan senantiasa menggambarkan polah tingkah laku yang diharapkan dalam berbagai interaksinya, baik dengan siswa (yang terutama), sesama guru, maupun dengan staf yang lain. Dari beberapa pendapat secara rinci peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar, secara singkat dapat disebutkan sebagai berikut (Sardiman, 2009:143-146)

a. Informator
Sebagai pelaksana cara mengajar informatif. Laboratorium, studi lapangan dan sumber informasi kegiatan akademik maupun umum.

b. Organisator
Guru sebagai organisator, pengelola kegiatan akademik, silabus, workshop, jadwal pelajaran, dan lain-lain. Komponen-komponen yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar, semuanya diorganisasikan sedemikian rupa, sehinggadapat mencapai efektivitas dan efisiensi dalam belajar pada diri siswa.

c. Motivator
Guru harus dapat merangsang dan memberikan dorongan untuk mendinamiskan potensi siswa, menumbuhkan swadaya (aktivitas) dan daya cipta (kreatifitas), sehingga akan terjadi dinamika di dalam proses belajar mengajar.

d. Pengarah/director
Guru dalam hal ini harus dapat membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar siswa sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan.

e. Inisiator
Guru sebagai pencetus ide-ide dalam proses belajar. Ide-ide itu merupakan ide yang kreatif yang dapat dicontohkan oleh anak didiknya.

f. Transmitter
Guru dalam hal ini akan bertindak sebagai penyebar kebijaksanaan pendidikan dan pengetahuan.

g. Fasilitator
Guru memberikan fasilitas atau kemudahan dalam proses belajar mengajar, sehingga interaksi belajar mengajar akan berlangsung secara efektif.

h. Mediator
Guru sebagai penengah dalam kegiatan belajar mengajar. Misalnya menengahi atau memberikan jalan keluar dalam diskusi siswa. Mediator juga diartikan sebagai penyedia media dan bagaimana cara memakai dan mengorganisasikan media tersebut.

i. Evaluator
Guru mengevaluasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai Informator, organisator, motivator, director, inisiator, transmitter, fasilitator, mediator, dan evaluator. Jadi dalam pembelajaran yang inovatif seorang guru harus melakukan peranperan yang sudah diuraikan di atas, dan apabila salah satu peran guru tersebut tidak dilaksanakan maka guru tersebur termasuk guru yang kurang efektif.

Sardiman. 2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Surabaya: Rajawali Pers.

0 Response to "Peran Guru Dalam Pembelajaran Yang Inovatif"

Post a Comment