10+ Pengertian Prestasi Belajar menurut Para Ahli

10+ Pengertian Prestasi Belajar menurut Para Ahli


Sumadi Suryabrata (2006:297), prestasi dapat pula didefinisikan sebagai berikut: “nilai merupakan perumusan terakhir yang dapat diberikan oleh guru mengenai kemajuan/prestasi belajar siswa selama masa tertentu”
Daftar Pustaka:
Sumadi Suryabrata.(2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press

Sugihartono (2007:130) mengatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil pengukuran yang berwujud angka maupun pernyataan yang mencerminkan penguasaan materi pelajaran untuk siswa
Daftar Pustaka:
Sugihartono et.al.(2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008: 895), prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.
Daftar Pustaka:
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Prestasi belajar merupakan hasil evaluasi pendidikan yang dicapai oleh siswa setelah menjalani proses pendidikan secara formal dalam jangka waktu tertentu dan hasil belajar tersebut berupa angka-angka (Sumadi Suryabrata, 2006: 6).
Daftar Pustaka:
Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisi peserta didik merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar (Dimyati dan Mudjiono, 2009: 3).
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Menurut Wirawan (1996:2002) menyatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang dalam usaha belajarnya sebagian dinyatakan dengan nilai-nilai dalam buku rapornya
Wirawan. S. (1996). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suharsimi Arikunto (2002:269) berpendapat bahwa prestasi belajar adalah tingkat pencapaian yang telah dicapai oleh anak didik atau siswa terhadap tujuan yang ditetapkan oleh masing-masing bidang studi setelah mengikuti program pengajaran dalam waktu tertentu.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sumadi Suryabrata (2005:175) prestasi belajar meliputi perubahan psikomotorik, sehingga prestasi belajar adalah kemampuan siswa yang berupa penguasaan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang dicapai dalam belajar setelah ia melakukan kegiatan belajar
Sumadi Suryabrata. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

0 Response to "10+ Pengertian Prestasi Belajar menurut Para Ahli"

Post a Comment