--> .

4+ Pengertian, Elemen dan Pengaruh Musik menurut para ahli

Pengertian Musik

Musik merupakan produk dari pikiran menurut Parker (dalam Djohan, 2005: 24), 
Djohan. 2005. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik

Musik yaitu kumpulan elemen-elemen vibrasi dari frekuensi, bentuk ,aplitudo dan durasi yang ditransformasikan secara neurologis dan diinterpretasikan melalui otak menjadi pitch ,warna suara, keras lembut dan waktu. Musik dapat diartikan sebagai bahasa emosi, yaitu musik berfungsi sebagai luapan untuk mengkomunikasikan sesuatu yang ada di dalam diri, dan seperti halnya pada bahasa, musik juga memiliki sistematika; grammar, sintaksis dan rhetoric tetapi berbeda dengan aturan dalam komunikasi bahasa. Kata-kata dalam bahasa menyiratkan ide yang kongkrit dari pikiran namun musik mensugesti individu untuk mempengaruhi pikiran (Machlis, 1955:4). 
Machlis, Joseph. 1955. The Enjoyment of Music an Introduction to Perceptive Llistening. USA: W.W Norton & Company

Musik merupakan karya dari suatu budaya tertentu yang memiliki bunyi yang diterima oleh individu secara kolektif dan berbeda-beda penafsiran berdasarkan sejarah, lokasi ,budaya, dan selera individu maupun kelompok tertentu (Dofi, 2010: 3). 
Dofi, A. 2010. Psikologi Musik Terapi Kesehatan Jakarta: Golden Terayon Press.


Aristoteles (dalam Dofi 2010:4) musik memiliki kemampuan mendamaikan hati yang sedang gundah, karena mempunyai daya terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.
Dofi, A. 2010. Psikologi Musik Terapi Kesehatan Jakarta: Golden Terayon Press.

Elemen Musik
menurut Djohan (2005: 47) elemen musik yaitu: 
1) Modus 
Merupakan tangga nada dalam musik yang menjadi acuan karakter musik yaitu minor dan mayor. Modus sangat penting karena mencerminkan musik yang akan dimainkan.
2) Harmoni musik 
Adalah lika-liku musik dan nada-nada secara sederhana ataupun rumit. Hubungan nada yang dipertimbangkan seperti bila dibunyikan secara simultan dan cara pengaturan relasinya dalam ukuran waktu 
3) Irama 
Yaitu kesinambungan musik secara keseluruhan apakah musik bersifat monoton atau lancar. 
4) Tempo 
Pengatur jeda musik ataupun jalanya musik pada saat musik berlangsung berupa ketukan-ketukan tertentu pada musik. 
5) Garis melodi 
Nada pada musik yang menujukan karakter musik. Merupakan ragkaian nada yang berurutan secara logis serta berirama yang mengungkap suatu gagasan. 
Djohan. 2005. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik

 Dofi (2010:4-5) membagi beberapa elemen musik sesuai dengan kegunaannya dan fungsi secara garis besar, yaitu: 
1) Suara musik 
Merupakan getaran irama beraturan yang diperdengarkan melalui media alat-alat musik yang kemudian memiliki daya getar terhadap jiwa seseorang maupun kelompok. 
2) Nada atau Tala 
Terdapat nada tinggi maupun rendah yang masing-masing memiliki frekuensi tertentu sebagai patokan dalam musik. Perbedaan tala diantara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-
beda. Tangga nada yang lazim adalah Mayor dan Minor serta Pentatonis. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. 
3) Notasi Musik 
Merupakan skala nada dalam suatu instrumen musik yang mencermikan suatu bunyi pada musik. Notasi berfungsi sebagai acuan nada perbagiannya dalam bermusik. 
4) Partitular Musik 
Merupakan bagian-bagian pada musik untuk area nada dalam suatu bar yang lebih luas yang berfungsi sebagai batasan not untuk beberapa bar pada musik.
Dofi, A. 2010. Psikologi Musik Terapi Kesehatan Jakarta: Golden Terayon Press

Pengaruh Musik
Pengaruh Musik Pada dasarnya setiap sel di dalam tubuh manusia merupakan resonator suara dan hidup dalam pola ritmis serta masing-masing organ memiliki siklus, pulsa, dan nada musikal, sehingga berbagai sistem sel tubuh akan bereaksi terhadap suara, itulah yang disebut sebagai “suara fundamental”, yaitu dimana getaran musik mampu diolah pada tingkatan sel. Karena setiap individu memiliki suara fundamental, maka jenis musik tertentu memiliki pengaruh yang berbeda terhadap pikiran dan tubuh (Maman dalam Djohan, 2005:261).
Djohan. 2005. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik

Djohan (2005:140) berpendapat bahwa terdapat tiga konsep utama mengenai pengaruh musik, yaitu: 
1) Musik penting sebab merupakan suatu hal yang baik, artinya bahwa musik dengan karakteristik tertentu yang positif dapat berpengaruh positif pula bagi pendengarnya. Sehingga musik dapat berpengaruh secara positif maupun negatif bagi pendengar musik tersebut. 
2) Musik merupakan bagian dari kehidupan serta salah satu keindahan budaya manusia, selain terdapat nilai- nilai positif yang sangat berguna. Otak manusia yang sejak lahir sudah dibekali dengan kemampuan memahami dan mengolah musik dan bunyi merupakan bukti bahwa musik merupakan bagian dari kehidupan . 
3) Dengan mengembangkan kemampuan musik maka akan dimiliki keunggulan-keungulan yang menyertainya. Kegiatan latihan, mendengarkan, dan menghargai musik akan meningkatkan perkembangan kognitif, fisik, emosi, dan sosial. 
Djohan. 2005. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik

0 Response to "4+ Pengertian, Elemen dan Pengaruh Musik menurut para ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel