7+ Definisi Berbicara Menurut Para Ahli



Definisi Berbicara Menurut Para Ahli

Marwoto dan Yant Mujianto (1998: 2) menyatakan bahwa berbicara merupakan salah satu komunikasi yang mengandalkan kekuatan dan kompetensi berbahasa, kata-kata, frasa, kalimat, paragraf, dan ujaran, dengan vokal dan penampilan yang pendukung.
Marwoto dan Yant Mujiyanto. 1998. BPK Berbicara II (Sanggar Bahasa dan Sastra Indonesia). Surakarta: Depdikbud RI UNS.

Menurut Suharyanti (1996: 5), berbicara merupakan pemanfaatan sejumlah otot dan jaringan otot tubuh manusia untuk memberi tanda-tanda yang dapat didengar (audible) dan dapat dilihat (visible) agar maksud dan tujuan dari gagasan-gagasannya dapat tersampaikan. Hal ini menunjukkan bahwa berbicara merupakan pengucapan bunyi-bunyi yang dipandang dari faktor fisik untuk mengkomunikasikan gagasannya.
Suharyanti dan Edy Suryanto. 1996. Reorika: Buku Pegangan Kuliah. Surakarta: UNS Press.


Nurhadi (1995: 342) mengungkapkan bahwa berbicara berarti mengungkapkan ide atau pesan  lisan secara aktif. Jadi berbicara termasuk salah satu aspek kemampuan berbahasa yang berfungsi untuk menyampaikan informasi secara lisan.
Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan: Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa. Semarang: IKIP Semarang Press

Henry Guntur Tarigan (1981: 15) menyatakan dengan jelas bahwa berbicara ialah suatu kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan.
Henry Guntur Tarigan. 1981. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Menurut Nuraeni (2009: 1), berbicara merupakan proses penyampaian informasi dari pembicara kepada pendengar dengan tujuan terjadi perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pendengar sebagai akibat dari informasi yang diterimanya. 
Nuraeni. 2009. “Penerapan Teknik Cerita Berantai Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa”, Dalam http://tarmizi.wordpress.com/, 

berbicara merupakan dasar bagi seseorang dalam menyampaikan segala sesuatu kepada orang lain. Berbicara merupakan keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan (Sabarti A, 1991/1992:153).
Sabarti Akhadiyah, dkk. a. 1992. Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Marie M.Strewart dan Kenneth Zimmer (dalam Suharyanti dan Edy Suryanto, 1996: 129) Pengertian berbicara adalah suatu proses pemindahan pesan dari suatu sumber kepada orang lain. Jadi terjadi pemindahan pesan dari komunikator (pembicara) kepada komunikan (pendengar). Pesan yang akan disampaikan kepada komunikan lebih dahulu diubah ke dalam simbol yang dipahami oleh kedua belah pihak
Suharyanti dan Edy Suryanto. 1996. Reorika: Buku Pegangan Kuliah. Surakarta: UNS Press.

0 Response to "7+ Definisi Berbicara Menurut Para Ahli"

Post a Comment