DEFINISI BIOLOGI MENURUT AHLI (dilengkapi sumber)

DEFINISI BIOLOGI MENURUT AHLI (dilengkapi sumber)


Biologi bagian dari sains yang mamiliki karakteristik yang sama dengan ilmu sains yang lainnya. Adapun karakteristik ilmu pengetahuan alam termasuk biologi (sains/IPA) yaitu : obejk kajian berupa benda konkret dan dapat ditangkap indara, dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris (pengalaman nyata), memiliki langkah-langkah sistematis yang bersifat baku, menggunakan cara berfikir logis yang bersifat deduktif artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus menjadi ketentuan yang berlaku umum, bersifat induktif artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang umum menjadi ketentuan khusus, hasilnya bersifat obyektif atau apa adanya, terhindar dari kepentingan pelaku (subyektif), hasil berupa hukum-hukum yang berlaku umum dimanapaun diperlakukan.
http://materi-pelajaran.blogspot.com/2007/11/hakekat-biologi-sebagaiilmu.html/ 27 januari 2010

Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai penglaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunkan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi factual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari. (BSNP. 2006:451)
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Biologi (ilmu hayat) adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa belanda “biologie”, yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa yunani bios (“hidup”) dan logos (“lambing”, “ilmu”).
http://id.wikipedia.org/wiki/Biologi 27 januari 2010

Berdasarkan struktur keilmuan menurut BCCS (Biological Science Curricullum Study) bahwa ruang lingkup biologi meliputi obyek biologi berupa Kingdom (plantae, animalia, protista, fungi, rchaebacteria, eubacteria), ditinjau dari tingkat molekul (virus) – sel (protozoa, bakteri, tumbuhan unisel) – jaringan – organ (hati, ginjal, dll) – sistem organ (sistem sirkulasi, sistem pencernaan, dll) – individu (manusia) – populasi (kumpulan individu yang sama di daerah yang sama) – komunitas (kumpulan beberapa populasi) – ekosistem (kumpulan beberapa komunitas) – biosfer (kumpulan beberapa ekosistem). 
http://materi-pelajaran.blogspot.com/2007/11/hakekat-biologi-sebagai ilmu.html/27januari 2010

0 Response to "DEFINISI BIOLOGI MENURUT AHLI (dilengkapi sumber)"

Post a Comment