Pengertian Media Presentasi Menurut Para ahli





Rahadi mengatakan (2008:4) “Media presentasi merupakan suatu pesan atau materi yang akan disampaikan yang dikemas dalam sebuah program komputer dan disajikan melalui perangkat alat saji (proyektor). Pesan atau materi yang dikemas dapat berupa teks, gambar, animasi dan video yang dikombinasi dalam satu kesatuan yang utuh”.
Rahadi. 2008. Pembuatan Media Presentasi. Modul Pelatihan. Online. http://widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/20317/10+pembuatan+media +presentasi.doc

Selanjutnya Rahadi (2008:6) juga mengemukakan bahwa “Media presentasi sendiri memiliki manfaat memudahkan dalam menyampaikan pesan atau materi yang akan disampaikan, media presentasi ini memiliki kemampuan dalam pengolahan teks, warna dan gambar, serta animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreatifitas penggunanya”.
Rahadi. 2008. Pembuatan Media Presentasi. Modul Pelatihan. Online. http://widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/20317/10+pembuatan+media +presentasi.doc

Kelebihan- kelebihan media presentasi dalam pembelajaran menurut Kozma dalam Sutrisno (2009) yaitu:
a) Media presentasi dapat meningkatkan kegiatan belajar dan dapat membantu pemahaman siswa dalam memahami suatu materi.
b) Media presentasi dapat mendorong siswa untuk berpikir, beraktivitas, bekerja sama dan mengeluarkan pendapat.
c) Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto.
d) Lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji.
e) Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik.
f) Tenaga pendidik tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan.
g) Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan dan dapat dipakai secara berulang-ulang.
h) Dapat disimpan dalam bentuk data optik atau magnetik. (CD/ Disket/ Flash disk), sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana.
Sutrisno. 2009. Mata Pelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA). Jurnal Fisika.Online.http://file .upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/195801071986031-SUTRISNO/Layanan/Fisika.pdf.

Menurut Amier (2010), media presentasi memiliki kekurangan sebagai berikut:
a) Ketergantungan arus listrik tinggi.
b) Media pendukungnya relatif mahal karena harus ada komputer dan LCD.
c) Penggunaan media ini sangat tergantung pada penyaji materi
d) Masih sangat terbatas guru yang mampu membuat m
Amier. 2010.Pengembangan Media Presentasi dalam Pembelajaran. Online. http://amierkamboja88.wordpress.com/2010/04/29/pengembanganmedia- presentasi-dalam-pembelajaran/.

Itulah blog rangkumanpustaka.blogspot.com dapat sampaikan mengenai Pengertian Media Presentasi. Selanjutnya anda dapat mempelajari mengenai Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

0 Response to "Pengertian Media Presentasi Menurut Para ahli"

Post a Comment